Mourinho memang fenomenal

9 Mar 2012

Mesti sering terlihat kontroversial, tangan dingin mourinho memang selalu menghadirkan prestasi bagi klub yang ditanganinya. Dari mulai FC porto, Chelsea, inter milan, dan kini Real Madrid. Keunggulan 10 poin atas Barca semakin memantapkan ambisinya untuk merengkuh rekor baru menjadi pelatih yang bisa memenangkan timnya di liga utama pada tiga negara yang berbeda. Semakin manis rasanya bila gelar tersebut dapat disandingkan dengan trofi Liga Champion tahun ini. Dia akan menjadi pelatih pertama yang memenangi trofi champion pada tiga klub yang berbeda. Mourinho memang ambisus dan visioner yang sangat cepat merespon tantangan dalam sebuah klub yang ditanganinya. Mourinho juga tidak semalang mantan Asistennya Andrea Vilas Boas yang sukses mengantarkan FC Porto di European League, tetapi cuma bertahan di Chelsea selama delapan bulan tanpa menghadirkan gelar apapun.

Sedikitnya ada beberapa hal yang menjadi kunci kesuksesan mourinho ;

1. Motivasi dan kerpercayaan diri yang tinggi.

Mou memang terlihat sebagai pribadi yang punya dorongan kuat untuk berprestasi. Walau sebagian kalangan melihatnya sebagai sebuah kesombongan. Tapi itulah cara dia untuk memotivasi diri. Mou sangat yakin akan kesuksesan yang akan diraihnya. Itu medorongnya bekerja lebih keras lagi. Walaupun tidak punya pengalaman sebagai seorang pemain profesional, Mou mensikapinya sebagai sebuah tantangan dan bukan halangan.

2. Disiplin, detail, dan Stategic

Mou juga terkenal seorang yang disiplin. Karena dia percaya itulah prasyarat utama dalam bekerja. Dan ini menghasilkan respek yang luar biasa pada setiap pemain yang dilatihnya. Dia pun tak segan memberikan sanksi denda kepada sang kapten Los Blancos Ikar Casilas karena terlambat datang latihan. Juga menghukum Baloteli ketika melatih Inter.

Mou juga terkenal seorang yang detail dalam bekerja. Dia menganalisis semua statistik pemain dalam timnya maupun tim lawan. Membuat analisis detail pada setiap aspek teknis dan non non teknis dalam setiap pertandingan. Dia bisa meramu timnya menjadi sangat kompetitif di setiap tim yang ditanganinya. Pengalaman di Chelsea dia bisa menjadikan Terry, Lampard dan Drogba menjadi pemain kunci dalam merebut EPL. Kesuksesannya merekrut Scheider menghasilkan treble winner buat Inter. Dan kini Mou berhasil membentuk Madrid menjadi tim yang sangat kompetitif terhadap Barca. Mou mendatangkan Ozil, Maria, Khedira yang ikut menjadi kunci permainan Madrid. Mou juga menjadikan Ronaldo, kaka, dan Alonso menjadi lebih kontributif dalam bermain.

3. Leadership dan motivator ulung

Mou memang seorang Leader yang sangat dikagumi para pemainnya. Mou mampu menghilangkan ego para pemainnya untuk mencapai kesuksesan tim secara bersama-sama. Mou memberikan sentuhan2 personal pada setiap pemain yang ditanganinya sehingga mereka dapat termotivasi dalam bekerja dibawah arahannya.

Mou memang fenemonal. Bagaimana hasil polesannya jika dia menangani Tim Garuda ya….??


TAGS sepakbola Mourinho prestasi. psikologi


-

Author

Follow Me