Memancing, kegiatan mengasyikan

18 Sep 2011

Ketika lebaran kemarin rekan2 pulang mudik ke kampung halaman masing2. Saya malah menikmati hari2 yang lenggang di Jakarta. Melewati H+2 saya mulai merasa jenuh. Tapi tahun ini berbeda rasanya. Ketika seorang teman mengajak Saya untuk pulang ke daerah Cianjur. Tanpa pikir panjang saya manut saja.

Ternyata suasananya masih sangat alami. Ada sawah, pemandangan alam, kicauan burung dan udara segar yang kontradiktif dengan hiruk pikuk jakarta yang sangat melelahkan. Pikiran saya terasa menjadi lebih jernih dan inspirasi positif seperti mengalir beitu deras. Sayangnya saya tidak langsung menuliskannya sehingga kehilangan moment of the truthnya.

Ada sebuah pengalaman baru yang saya pelajari disini yakni memancing. Sebagai seorang pemula, saya sama sekali tak membawa perlatan yang diperlukan. Untungnya seorang teman meminjamkannya. Saya sama sekali tak mengetahui bagaimana teknik memancing yang benar. memasang umpan ke joran saja saya tak bisa. apalagi ketika saya lihat umpannya berupa cacing, saya agak geli juga memegangnya. Dengan rada grogi saya memasukan kail ke dalam mata joran dan ternyata saya berhasil. saya mulai melempar kail saya ke dalam empang besar. Satu jam saya menunggu tak satupun ikan mampir di jalaku. Sementara saya lihat teman2 bolak-balik memasukan ikan ke dalam ember yang mulai penuh dengan ikan. Saya mulai merasa lelah karena hari telah menunjukan hampir pukul 12 malam. Saya kemudian meninggalkan area pancing untuk istirahat, sementara teman2 seperti tak kenal waktu dengan kegiatan memancingnya.

images-pancing2

Esok paginya saya bergegas kembali ke area pancing. Setelah 15 menit berlalu seperti ada sesuatu menarik jalaku. Dan benar saja seekor ikan berukuran sedang telah mampir dijalaku. Saya begitu terharu senang. Saya mencoba melepaskan ikan dari perangkap umpannya. Dan ternyata saya mulai bisa. setengah jam setelah megulur jala saya kembali dapat ikannya.

Memancing memang kegiatan mengasyikan untuk mengendurkan syaraf2 yang tegang karena tekanan stress. Kadang begitu banyak orang seperti lupa anak istri waktu ketika memancing.

Pelajaran yang saya dapat hari ini adalah sesuatu yang dilakukan berulang2 akan melahirkan kebiasan. Dan kebiasaan yang sungguh2 akan mencapai sebuah tingkat kemahiran.


TAGS


-

Author

Follow Me