PRJ, Pesta Rakyat Berbasis Modernitas

9 Jul 2011

Perhelatan akbar tahunan dalam rangka milad Jakarta selalu menjadi magnet yang menarik penduduk Jakarta untuk datang berduyun-duyun. Di sela-sela kesibukan warga metropolitan yang disesaki dengan rutinitas pekerjaan, bisnis dan segala macam urusan yang membelenggu, selalu ada ruang waktu untuk menikmati kemeriahan Pekan Raya Jakarta tahun ini.

PRJ telah didesign menjadi sebuah pesta rakyat yang berbasis modernitas. manajemen PRJ dirancang secara modern dan elegan sebagai simbolisme wajah metropolitan yang sedang tumbuh dan tak kalah menariknya dengan kota-kota besar lain di kawasan Asia.

Tinjauan Ekonomi akan memaknainya sebagai sarana untuk memperkenalkan produk dalam negeri. Trilyunan uang berputar dalam ajang yang berlangsung selama sebulan penuh ini. Segenap entitas bisnis dapat berkompetisi secara sehat untuk meraih customernya dengan segenap bauran promosi yang menggoda. Ada launching produk baru, discount harga, cuci gudang dsb yang memacu adrenalin konsumen untuk membeli. Event ini juga merupakan test case bagi produsen untuk mengukur Brand awareness khalayak pada produk mereka.

prj2

Aspek psikologis akan mencermatinya sebagai pemenuhan dahaga warga metropolitan akan hiburan dan pengendur otot-otot syaraf yang rentan dengan ancaman stress. Tensi persaingan kerja, bisnis dan persaingan hidup yang semakin tajam membuat warga Jakarta mencari alternatif untuk relaksasi.

Konsep PRJ yang menggabungkan konsep indor-outdoor dengan dilengkapi sarana entertainment dan permainan anak merupakan lokasi yang tepat untuk tujuan berbelanja dan hiburan keluarga. Bahkan daya pikatnya melebihi penggabungan beberapa mall besar yang kompleksitas ketersediaan barang dan hiburan menjadi pilihan utamanya.

alexa-prj2

Konsep acara musik dipanggung hiburan yang disertai dengan acara talk show dengan para artis merupakan sebuah terobosan untuk memfasilitasi sebuah komunikasi antara para penggemar dengan artis idolanya. Selain itu, panggung utama didesign dengan sangat berkelas dengan pencahayaan yang begitu gemerlap dan kualitas sound system yang memukau. Para petugas keamanan selalu siap siaga disetiap sudut untuk memastikan keamanan acara tetap terkendali. Petugas kebersihan juga bekerja tanpa kenal lelah untuk memastikan setiap area tetap bersih.

Tak ada gading yang tak retak akan selalu menyertai setiap event yang telah dirancang sesempurna mungkin. Saran Saya adalah mengenai kapasitas area parkir kendaraan yang belum mencukupi. Perlu terobosan untuk memperluas area parkir dan bila dimungkinkan dengan membuat area parkir basement.

Selain itu, musholla yang ada terlalu kecil dan tidak bisa menampung pengunjung yang ingin melaksanakan shalat. Diperlukan terobosan di masa depan untuk membuat sebuah mesjid permanen yang dapat menampung ribuan jamaah. Hal ini perlu untuk membuat nyaman pengunjung dalam melaksanakan ibadahnya.

Demikian sekelumit pengalaman dan opini Saya tentang penyelengaraan PRJ tahun ini pada blog yang sangat Saya cintai.


TAGS Jakarta Fair 2011


-

Author

Follow Me